-->

Cara Membuat Halaman Baru di Wikipedia

2000px Halaman Baru Wikipedia

Siapa disini yang tidak pernah pergi ke wikipedia, saya berani berkata kalau Anda adalah kera goa. "peaces" :D

Blogger jaman sekarang kalau ditanya situs apa yang paling sering page one? pasti jawabnya trub*n. Mencari berita terkini pasti ke sana, tapi memang untuk wilayah indonesia penyedia informasi digital terbesar saat ini, ya cuma 3bun.

Saya tidak mempermasalah apa-apa disini saya cuma mengingatkan 3bun adalah sebuah perusahaan dan perusahaan pastinya mengalami pasang surut saham. Hanya menunggu waktu dan hanya waktu saja yang dapat membuktikan apakah 3bun akan tetap menjadi nomor satu dalam menyajikan berita dan artikel di Indonesia. Berikut topik pembahasan:

Daftar isi

Daftar isi

Kenapa Wikipedia

Karena sekali lagi 3bun adalah sebuah website corporate yang dijalankan oleh sebuah perusahaan yang perlu banyak tenaga untuk mengerakan itu. Lalu dimana letak kesalahan tribu*n?. One more mereka perusahaan, selama 3bun masih sebuah website yang dijalankan oleh sekelompok tim sampai kapanpun 3bun tidak akan selamanya akan berada diatas ada beberapa alasan kuat saya bisa mengatakannya, berikut alasannya: Dijalankan oleh Pekerja, artinya pekerja ini pasti memiliki titik dimana mereka tidak dapat memberikan yang terbaik selamanya. Memiliki banyak pesaing, untuk website-website yang mengutamakan informasi dan berita terkini itu berarti mereka semua berlomba-lomba untuk membuktikan siapa juaranya hanya saja untuk saat ini trib#n yang menang. Poin dan maksud membahas hal tersebut apa? berbeda dengan 3bun. Wikipedia adalah sebuah komunitas, dijalankan oleh anggotanya dan setiap tahun anggotanya bertambah. Inilah yang menjadi poin penting. Wikipedia pertama kali diresmikan pada 15 Januari delapan belas tahun lalu. Berawal dari proyek sampingan Nupedia berupa ensiklopedia bebas daring. Pada saat itu artikel hanya dipublish oleh para ahli. Lihat! Ialah Larry Sanger bersama Jimmy Wales yang mencetuskan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 dan berubah menjadi Wikipedia lima hari setelah resmi diluncurkan di situs www.wikipedia.com Sekarang Wikipedia telah memiliki 7 ribu lebih kontributor dengan 10 juta artikel dan 250 bahasa berbeda yang disediakan. Dilihat dari rekam jejaknya apakah perusahaan seperti 3bun bisa mengalahkan komunitas? seperti sebut saja Google, Youtube, Facebook, Wikipedia dll. Mereka itu bukan perusahaan tapi mereka adalah komunitas. Kalau ada dari kalian yang jurusan sosiologi kalian pasti mengerti seberapa besar dampak dan kekuatan sebuah komunitas dan juga kenapa mereka disebut komunitas? karena mereka hidup. Mereka tumbuh seperti halnya manusia, mulai dari bayi balita sampai dewasa. Mengerikannya jika salah satu dari mereka sampai ke tahap dewasa, ggrrrr.. Sudah tidak diragukan lagi pengaruhnya kepada banyak orang. Itulah yang membedakan 3bun dengan Wikipedia walaupun sama-sama menyediakan informasi dalam bentuk digital. Kalau digambarkan 3bun itu sudah sampai tahap remaja, jadi berdoa saja semoga 3bun tidak cepat dewasa atau sebaiknya jangan sampai. Berikut beberapa alasan enapa Wikipedia
  • Karena Komunitas, sebuah perusahaan akan kalah dengan komunitas yang solid.
  • Pesaing Sedikit, karena untuk menjadi komunitas membutuhkan proses jadi setelah sekian lama internet berkembang hanya segelintir komunitas yang dewasa dan menjadikan persaingan yang lebih kompleks.
  • Sosialisasi yang Baik, kita sebagai manusia sosial Wikipedia sekarang adalah mengembangkan jaringan sosialnya antara publisher dengan experience.
  • Sumber Terpercaya, jika kalian pusing mencari backlink kesana-kesini, teman baik kita si Wiki bisa ngasih backlink berkualitas tinggi secara gratis :d eeerrhm lezat, makanya ayo buat artikelmu di Wikipedia.
Nah, sekarang tibalah saatnya langkah membuat artikel di Wikipedia.

Menyiapkan Artikel

Pertama harus menyiapkan artikel Kalian sangat saya haruskan untuk menyiapkan artikel terlebih dahulu untuk sebelum menulis dan mempublishnya. Karena sekali terpublish artikel tersebut tidak akan di hapus, kecuali pihak Wikipedia menghapusnya karena mungkin tidak memenuhi syarat dan informasi yang diberikan artikel terbatas.

Menyiapkan Akun

Selanjutnya jika ternyata kalian tidak ingin menyiapkan artikel terlebih dahulu dan ingin langsung mencoba menulis  artikel Anda diwajibkan mendaftarkan akun sebagai persyaratan resmi. Berikut langkah mendaftar akun wikipedia:
  1. Buka situs www.wikipedia.org
    situswikipedia
  2. Pilih bahasa yang ingin Anda digunakan
    pilihbahasa
  3. Kemudian langsung ketik saja judul apa yang ingin Anda buat, contoh: wikipedia.org/wiki/SaudaraID
    melaluiURL
  4. Selanjutnya tekan button atau tombol "Bergabung  menjadi kontributor"
  5. Lalu berikutnya Anda akan untuk disuguhkan mengisi data identitas. Isi saja sesuai kondisi dan keinginan
    dataidentitas
  6. Setelah membuat akun ketik ulang judul yang ingin Anda buat jika sudah maka ada dua pilihan tertera "Buat halaman "###"" dan "Ajukan permintaan pembuatan halaman" pilih yang "Buat halaman "###"", oh ya kalau login isi username dengan nama yang Anda daftarkan tadi ya, bukan memakai email.
Setelah itu buatlah artikel selengkap dan serapih mungkin Jangan sampai Anda membuat halaman hanya sepanjang 1 atau 2 paragraf saja karena itu cuma membuang waktu. Besoknya artikel Anda saya jamin akan dihapus karena tidak sesuai persyaratan dan informasi artikel terbatas. Artikel yang bagus itu setidaknya berisikan:
  • Uraian artikel
  • Tabel
  • Lihat Pula
  • Refrensi
  • Pustaka
  • Pranala luar
Jika halaman baru Anda berisikan macam-macam hal diatas berarti Anda sudah menjadi kontributor Wikipedia dan mempunyai halaman Anda sendiri. Disinilah letak kelebihan komunitas!! dia bisa mengajak seluruh partisipan yang ingin ikut serta kedalam proyeknya. Catatan: "Artikel yang Anda ajukan hanya akan bertahan selamanya jika memang berisikan informasinya lengkap tentang apakah yang dibahas" Sebenarnya membuat halaman baru dapat dilakukan antara lain melalui tiga cara yaitu
  1. pranala merah,
  2. pencarian, dan
  3. alamat URL.
Cara yang kita bahasa diatas adalah membuat halaman baru dengan alamat URL, jadi berikutnya membuat artikel Wikipedia

Melalui Pranala Merah

Melalui Pranala Merah
Pranala yang berwarna merah menandakan bahwa halaman yang dituju belum tersedia. Jika diklik, pranala ini akan menampilkan halaman untuk pembuatan artikel baru. Cara ini merupakan cara termudah untuk membuat halaman baru. Caranya tinggal klik saja kata atau frasa yang ingin Anda buatkan halaman baru untuknya dan selanjutnya buat isinya

Melalui Pencarian

Melalui Pencarian
Carilah kotak pencarian yang selalu ada di bagian kiri setiap halaman atau tengah. Itu juga dapat digunakan untuk membuat artikel baru. Jika suatu frasa yang dimasukkan ternyata belum ada artikelnya, akan muncul halaman “Hasil pencarian” seperti pada gambar berikut. Lalu tekan kata atau frasa yang tadi Anda masukkan jika merah seperti itu dan selanjutkan buat halaman baru.

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Membuat Halaman Baru Wikipedia

Beberapa hal ini adalah kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan penulis pemula di Wikipedia yang harus kalian hindari antara lain: Mengiklankan produk atau kelompok tertentu di Wikipedia. Perlu Anda ketahui kontributor-kontributor disana sangat diperbolehkan menanam (link) di artikel yang menjelaskan produk atau kelompok tertentu dengan kompleks, asal tidak berlebihan. Bisa! Bersikaplah dewasa dan jangan menulis artikel dengan terlalu berlebihan. Ini adalah komunitas dewasa jadi jangan seperti anak kecil. Menggunakan akun yang tidak dikenal (anonim). Ketika Anda mendaftarkan akun Anda tidak membuat profil akun Wikipedia Anda . Ini fatal. Ketika seseorang tidak diketahui mendaftar kedalam sebuah komunitas pastilah timbul rasa kecurigaan. Wikipedia memiliki semacam algoritma itu, jadi buatlah deskripsi profil Anda. Ikuti beberapa langkah ini untuk membuat deskripsi profil:
  1. Login ke Wikipedia
  2. Klik nama akun Anda pastikan muncul
    deskripsiakunewiki
  3. Tekan buat sendiri dan mulailah mendeskripsikan profil Anda, biasa berupa siapakah Anda, kegiatan Anda, alamat dll
  4. Setelah dirasa cukup mendeskripsikan siapa Anda lanjut Klik berikutnya dan Anda akan disarankan perbaikan kesalahan, pengetikkan, penambahan konten
  5. Simpan
Mempublish Artikel autobiografi yaitu artikel tentang diri Anda sendiri. Kesalahan yang tidak seharusnya saya rasa, menulis suatu artikel yang membahas tentang diri Anda sendiri. Silakan tuliskan data diri Anda secukupnya di Halaman pengguna Anda seperti yang kita bahasa tadi, tidak perlu dimasukkan resume Anda ke Wikipedia, meskipun itu di buat lengkap dan rapih. Artikel perusahaan atau organisasi tempat Anda bekerja. Berawal dari sikap netral, jika perusahaan tempat Anda bekerja layak untuk dimasukkan ke Wikipedia, biarkanlah orang lain yang menuliskannya, atau Anda minta saja lewat Permintaan artikel Entri kamus, karena Wikipedia bukanlah sebuah kamus, melainkan ensiklopedia. Sudah ada situs Wiktionary bahasa Indonesia untuk hal tersebut Artikel duplikat Artikel yang terlalu pendek yang tidak memenuhi unsur kelayakan yang akan langsung dihapus Artikel yang terlalu detail Artikel blog dan sejenisnya. Ingatlah bahwa Wikipedia adalah ensiklopedia. Untuk lebih detailnya kalian bisa baca di https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Hindari_kesalahan_umum

Tips Membuat Halaman Baru di Wikipedia

  • Ingatlah Wikipedia adalah sebuah komunitas, jangan menyalahgunakan keterbukaannya untuk kepentingan pribadi
  • Tuluslah dalam membuat artikel
  • Artikel lengkap akan Abadi bukan hanya di Wikipedia
  • Halaman baru yang lengkap memiliki uraian artikel, tabel, refrensi, lihat pula dan pranala luar
  • Tulislah halaman baru yang benar-benar dibutuhkan informasinya


Saya rasa cukup sudah, saya harap kalian semua mendapatkan apa yang Anda cari. Sekian, Trims.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading

Processing...
If the data does not come, click reload.