Cara Mudah Riset Keyword
Kata kunci memiliki peran yang cukup istimewa dalam SEO sehingga tak salah apabila ketika selesai melakukan riset kata kunci, maka dapat dikatakan kita telah mengoptimasikan setengah peran SEO dalam website kita masing-masing.
Dan keyword, ide terbaiknya pasti muncul dari produk yang kita punya, topik yang kita minati atau jalan niche yang kita pilih. Berikut daftar caranya;
Daftar isi
Meski demikian, pemilihan keyword yang tepat tentu tidak dilakukan secara sembarang, sebab kita harus melakukan riset mendalam sebelum dapat menggunakannya keyword yang sudah kita pilih agar mendatangkan traffic. Untuk itulah kita membutuhkan riset. Tapi sebenarnya
Apa sih Riset Keyword?
Menurut saya, Riset Keyword itu adalah suatu kegiatan penyilidikan (investigasi) penyeluruhan terhadap suatu kata kunci (Keyword) yang dilakukan menurut kaidah dan metode tertentu seraca fakta dan sitematis. Riset Prinsip SEO Itu berarti dalam meriset keyword kita tidak perlu mencari pembaruan untuk mendapatkan riset yang lebih lengkap. Kita dapat melakukan riset keyword sederhana dengan mengirimkan sebuah isu atau pertanyaan serta menjawab sebuah pertanyaan/memecahkan masalah dengan data yang kita kumpulkan. Tapi kita belum lagi masuk pada pembahasan tentang riset keyword karena pada bagian ini, saya baru akan memperlihatkan bagaimana cara mudah meriset kata kunci dengan metode yang praktis.Kenali Jenis-jenis Keyword
Sebelum kalian membaca postingan ini lebih lanjut, sangatlah bijak untuk mengetahui lebih dahulu beberapa jenis keyword karena dalam SEO, keyword memiliki banyak sekali jenis. Beberapa jenis-jenis keyword tersebut:- Short tail keyword
- Long tail keyword
- Keyword abadi
- Keyword musiman
- Mobil
- Motor
- Mobil Murah
- Motor Terbaru
- dll
- Beli Mobil Murah Terbaru
- Beli Motor Ninja Murah
- dll
Memakai Tools Riset Keyword Gratis
Nah sebelum kita mulai riset keyword, Anda dapat menyiapkan terlebih dahulu tool yang akan digunakan berikut toolsnya:- Soolve
- Google Keyword Planner
- Kwfinder
- Ubbersuggest
- Keywoordtool
- Keywoordshitter
Memilih keyword dari niche apa saja
Ya, saya serius Anda dapat menggarap keyword apa saja yang Anda inginkan dengan bantuan riset mudah ini. Saya harap Kalian semua serius dan mulai meluangkan waktu sedikit untuk melakukan riset terhadap kata kunci yang ingin anda incar.Melakukan Langkah Riset
Langkah Pertama, pikirkan sebuah niche atau keywords yang ingin Anda garap
Jika sudah ketemu, tulis keywords tersebut dan sertakan seluruh queries yang dapat Anda temukan secara spontan. Misalnya, keywords “riset keyword”. Keyword yang satu ini menurut saya sedikit cacat. Karena keyword tersebut adalah gabungan kata berbahasa indonesia dan inggris, yaitu riset dan keyword. Tapi ini sebagai contoh saja, Berikut daftar queries yang relevan:- cara riset keyword
- apa riset keyword
- riset keyword dengan Google Keyword Planner
- apa maksud riset keyword
- dll
Langkah Kedua, cocokkan queries
yang sudah kita catat dengan memanfaatkan tools yang mampu menggali ide-ide lainnya. Gunakan tools gratis bernama Soovle > http://soovle.com/. Dari Soovle, singkat saja, setelah mendapatkan ide-ide dari soolve untuk mengembangkan keyword.Langkah ketiga, generate keywords
dari daftar yang sudah kita buat untuk menemukan longtail keywords. Gunakan ubersuggest secara gratis > https://neilpatel.com/ Seperti terlihat di gambar diatas, ada 7 keywords yang berhasil ditampilkan dari keyword utama "riset keyword". Lakukan hal yang sama untuk keywords lainnya dan simpan seluruhnya pada sebuah notepad. Dari gambar diatas juga kata kunci "riset keyword" cpcnya tidak terlalu rendah jadi ini patut untuk dipakai. Baca juga: Keyword Cpc Termahal Iklan GoogleLangkah keempat, lakukan riset lebih mendalam
pada seluruh daftar keywords yang sudah kita miliki untuk mendapatkan beberapa saja yang ideal untuk digarap secara serius. Untuk lebih mudahnya kita pakai saja kata kunci pertama yang kita pakai "riset keyword"Selanjutnya pakai kata kunci tadi yang kita pilih
lalu masukkan kedalam search engine di Google. Agar hasil pencarian di Google Anda dapat memperlihatkan hasil yang detail, gunakan extension browser gratisan seoquake > www.seoquake.com Dari situ, terlihat beberapa indikasi yang cukup baik (lihat tanda merah): Perhatikan results dengan konten teratas, SERP dikuasai oleh website non-authority kah?. Jika dalam pejwan tidak ada website gratisan yang menduduki, lihat lagi hasil pencarian selanjutnya. Nah, saya menemukan website non-authority letaknya di halaman ketiga. Sampai sini kita dapat beramsumsi bahwa web/blog non-authority masih dapat muncul dalam pejwan atau setidaknya dalam urutan 2-3 setelahnya. Target utama kita adalah membelakangi website non-authority tersebut.Langkah berikutnya, intip satu per satu laman website yang muncul di pejwan
(atau page 2) dan catat seluruh ide keywords yang ditampilkan. Biasanya, daftar keyword dapat Anda temukan di bagian bawah konten. Jangan lupa buatlah tolak ukur seberapa baguskah konten yang dapat muncul dipejwan (atau page 2). Simple saja setelah mengitip satu persatu website di pejwan buatlah daftar kecil kekurangan-kekurangan yang ada didalamnya. Itu juga dapat membuat batasan seberapa hebat konten di pejwan tadi.Kemudian Langkah Terahkir adalah mengolah ide-ide keywords diatas
menjadi keywords yang layak digarap, melakukan verifikasi volume pencarian (demand) melalui GKP dan membuat konten dari keyword tersebut. Jika belum puas, kita masih bisa melakukan berbagai macam riset dan eksperimen atas keywords lainnya. Selain itu, kita juga dapat menggunakan Google Keyword Planner Tempo hari saya melihat komentar ini disalah satu web yang membahas riset keyword Faktanya memang benar. Web/Blog dengan domain gratisan seperti Wordpress, Blogspot, Tumblr dan sejenisnya. Semuanya memang masuk dalam kategori "easy to outrank". Tapi jangan khawatir Content is King. Ini semacam motivasi buat kalian, setelah kita meriset kata kunci dengan mudah buatlah konten yang akan merajai SERP dengan ide-ide unik serta menarik memakai keyword yang terpilih melalui riset keyword kita. Jangan lupakan bahwa Konten adalah raja, mungkin konten di pejwan dibuat dari website domain authority. Tetapi buatlah konten Anda seperti dari website professional yang dapat mengeser mereka semua. Bacalah: Membuat Konten Berkualitas dan MenarikKetahui Pengaruh Keyword Terhadap SEO
Pada dasarnya, melakukan SEO untuk konten lokal relatif jauh lebih mudah dibandingkan dengan konten berbahasa Inggris. Ini berarti, menemukan keywords Indonesia yang masuk dalam kategori layak garap juga akan lebih mudah dan masuk halaman pertama pencarian google. Sesungguhnya, kita dapat menggarap keyword dari niche apa saja yang diinginkan untuk website berbahasa Indonesia. Namun, terkecuali Anda memiliki produk dan passion dimana Anda harus fokus disana. Pengaruhnya kata kunci terhadap SEO adalah bergantung kepada seberapa relevannya kepada konten dan isi topik laman. Tentu setelah mesin telah menilai bahwa konten itu berkualitas, nah selanjutnya jika keyword yang terdapat dikonten sangat relevan dan memiliki keterkaitan yang kuat. Ini sangat mempengaruhi peringkat, dan semakin besar keterkaitan keyword dengan topik laman maka semakin besar kemungkinan halaman masuk peringkat pertama di Google.Riset Keyword dengan Google Keyword Planner
Hal yang paling mudah menurut saya yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan Google Adwords Keyword Planner. Caranya: 1. Masuk ke Google Adwords: Keyword Planner 2. Klik "Get Search Volume Data and Trends" 3. Upload file keyword yang sudah kita pilih 4. Klik "Get search volume" Selesai. Download dan simpan dengan format file .CSV. Setelah itu silahkan Anda pilih mana kata kunci yang paling ideal dan bagus berdasarkan kemungkinan dan jumlah pencarian yang Anda inginkan. Fokusklah dengan konten yang akan Anda buat, keyword hanya sebatas pilihan yang akan membuat konten Anda nanti lebih unik dan berkualitas. Tidak perlu memikirkan Keyword dengan Clickbait yang nyeleneh yang dipasang di berbagai situs besar seperti idntimes, tribunnews, atau hipwee. Carilah pengguna Anda. Calon konsumen yang potensial. Terus, bagaimana mencari keyword dengan calon pembaca yang potensial? Keyword dengan Pembaca Potensial Pembaca adalah pencari informasi yang mengingikan informasi yang instan. Maka dari itu buatlah konten Anda menjurus ke pembaca yang Anda tuju. Kalian dapat memakai kata kunci yang ingin anda promosikan. Kata kunci ini nantinya akan menjadi judul yang menarik minat pembaca Anda untuk mengkliknya. Misalnya kata Beli Android, maka gunakan Long Tail Keyword untuk menargetkan pembaca potensial Anda. Hasilnya Beli Adroid Tebaru Murah, artinya pembaca Anda adalah kalangan kelas bawah. Contoh lain. Beli Iphone X, berarti pembaca Anda ada dikalangan atas. Masih belum? Beli Hp Murah di Jakarta, ini lebih spesifik karena target konsumen di Jakarta dan kemungkinan besar hasil pencarian akan menunjukan "tempat beli hp murah di jakarta".Tips Riset Keyword
Sudah banyak di luar sanah yang memberikan tips-tips untuk riset Kata Kunci dan menentukan keyword untuk mendatangkan trafik. Tetapi tips yang paling ampuh seperti apa?- Mulailah menilai tingkat persaingan berdasarkan dari jumlah hasil pencarian, pagerank, rangkin alexa, jumlah index, dll
- Telitilah backlink website teratas dengan keyword incaran kalian
- Buatlah konten berkualitas dan menarik dengan keyword andalan Anda. Kalian bisa baca "Membuat Konten Berkualitas dan Menarik"
- Jangan ambil nasihat dari sesama temanmu yang SEOnya masih awam
- Pilihlah keyword yang relevan dengan pembaca Anda
- Tambahan saya setuju tapi tidak mengikuti tips dibawah ini
Back to Content ↑