-->

[Tips] Perbedaan Antara Judul Blog dan Nama Domain Blog (URL)

judul blog


Sebelum mulai mengerjakan blog baru, Anda mungkin ingin memberi nama. Meskipun Anda dapat menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk mengembangkan sebuah ide dan bahkan membuat sketsa beberapa konsep pertama yang akan membentuk keseluruhan blog, tidak benar-benar disarankan untuk membuat blog online tanpa memiliki nama untuk itu.

Tetapi ketika Anda memutuskan sudah saatnya untuk memberi nama blog Anda, Anda harus tahu perbedaan yang membingungkan banyak pemula - judul blog dan nama domain bukanlah hal yang sama!

Judul blog

Ketika Anda mendapatkan ide untuk blog, Anda mungkin akan memiliki judul dalam pikiran. Ini bisa apa saja yang Anda inginkan, dan Anda tidak perlu memeriksa ketersediaan internet. Misalnya, jika nama Anda adalah John dan Anda memulai blog makanan, judul blog Anda dapat sesederhana "Blog Makanan John" (kami harap Anda memiliki beberapa ide yang lebih baik daripada kami).


Judul blog dapat diubah kapan saja. Jika Anda pernah memutuskan untuk mengubah judul, Anda hanya satu pilihan dari itu. Karena pengaturan bergantung pada CMS yang Anda gunakan, tidak mungkin untuk menelusuri semuanya dalam artikel ini. Jadi, mari kita tunjukkan cara mengubah judul blog di WordPress:

  • Buka Pengaturan -> Umum
  • Masukkan judul yang diinginkan di bidang "Judul Situs"
  • Simpan perubahan

Pengaturan Umum WordPress - Judul Blog
Biasanya, hanya ini yang diperlukan untuk mengubah judul blog WordPress Anda. Sebagian besar tema & plugin akan menggunakan opsi ini untuk menampilkan judul blog jika perlu, tetapi jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, jangan lupa untuk memeriksa panduan WordPress.

Sedangkan untuk blogspot Anda dapat mengubahnya judul blog di Blogger:

  • Buka Pengaturan -> Dasar
  • Pilih Edit Judul -> "Judul Blog"
  • Simpan perubahan akhir

Nama Domain Blog (URL)

Sebelum Anda bisa menampilkan blog Anda kepada publik, Anda akan membutuhkan perusahaan hosting yang hebat yang akan menjaga situs Anda. Ini adalah tempat di mana file Anda akan ditemukan. Tetapi Anda juga perlu mendaftarkan nama domain yang akan ditugaskan ke situs web Anda.

Bayangkan nama domain sebagai alamat blog Anda. Sama seperti rumah Anda memiliki nama jalan dan nomor unik yang mengidentifikasinya, blog Anda juga harus memiliki alamat unik. Alamat ini akan memungkinkan semua orang di Internet (baik orang dan mesin) mengenali blog Anda dengan lokasinya yang unik (nama domain).

Berbeda dengan judul blog yang dapat diubah kapan saja dan tidak akan banyak berdampak pada situs, nama domain adalah sesuatu yang Anda ingin simpan selamanya. Segala sesuatu yang Anda lakukan dengan blog Anda akan ditetapkan untuk nama domain itu, jadi mengubah itu sebenarnya berarti awal yang baru. Dan itu bukan sesuatu yang Anda ingin lakukan setelah bertahun-tahun bekerja keras di blog. Misalnya, jika orang lain menautkan kembali ke blog Anda, dan Anda mengubah nama domain, tautan itu akan berhenti berfungsi dan orang yang mengklik untuk masuk ke situs Anda akan berakhir pada halaman kosong yang menunjukkan kesalahan.

Alamat situs web Anda
Jadi, penting untuk memilih nama domain yang Anda sukai dan inginkan sejak awal. Ya, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mengapa? Karena nama domain harus unik, Anda dapat membayangkan bahwa begitu banyak dari mereka sudah terdaftar oleh orang lain. Misalnya, hanya ada satu www.google.com. Karena google sudah memiliki domain, tidak ada orang lain yang dapat memilikinya.
judul blog

Dalam contoh "Blog Makanan John", John mungkin ingin nama domainnya menjadi sesuatu seperti www.johnsfoodblog.com. Tetapi Anda juga dapat mendaftarkan nama domain yang berbeda seperti:


  • johnsfoodblog.net
  • johns-food-blog.org
  • jfblog.com

Dalam hal ini, meskipun Anda mungkin akhirnya mendaftarkan sesuatu seperti www.jfblog.com (karena yang pertama mungkin diambil), judul blog Anda masih bisa menjadi "Blog Makanan John". Jadi, setiap orang yang memasukkan nama domain akan dapat melihat judul blog lengkap yang Anda atur di pengaturan.

Bisakah saya memiliki domain gratis?


Jika Anda ingin serius dengan blog Anda, Anda harus membayar untuk nama domain. Salah satu contoh di atas akan dikenakan biaya uang. Tetapi membayar untuk nama domain akan memungkinkan Anda memilih alamat blog Anda dan mempersonalisasikannya sesuai keinginan Anda.

Meskipun Anda dapat dengan mudah memiliki domain gratis, itu biasanya subdomain. Jadi, misalnya, jika Anda meng-host blog gratis Anda di WordPress.com, Anda juga dapat memiliki nama domain gratis. Tetapi dalam hal itu, Anda tidak akan dapat memilih sesuatu yang unik seperti contoh yang kami tunjukkan. Sebagai gantinya, Anda akan dapat memilih hanya bagian pertama dari nama tersebut. Alih-alih memiliki sesuatu yang unik seperti johnsfoodblog.com, Anda hanya dapat memiliki johnsfoodblog.wordpress.com (kecuali beberapa pencinta makanan lain sudah mengklaim itu).

Ringkasnya


Meskipun Judul Blog dan Nama Domain penting, ada perbedaan yang sangat besar. Kedua nama digunakan untuk mengidentifikasi blog, tetapi judul blog dapat dengan mudah diubah setiap saat sementara nama domain bukanlah sesuatu yang harus Anda ubah (dalam kasus yang jarang terjadi, orang mengubah URL mereka tetapi itu bukan sesuatu yang Anda harus khawatirkan pada ini) titik).

Judul blog hanyalah nama yang digunakan untuk identifikasi blog n, dan nama domain adalah alamat blog Anda yang akan digunakan oleh manusia dan mesin pencari untuk mengenali situs Anda di segerombolan blog lain yang ditemukan online.

Menghadirkan judul blog dan nama domain yang akan mengidentifikasi Anda di internet bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan waktu dan imajinasi untuk mendapatkan sesuatu yang menarik namun unik. Setelah Anda memilih dan membeli nama domain Anda, pastikan untuk mempromosikan blog Anda dengan menggunakan tagar yang tepat di jejaring sosial seperti Instagram, sehingga Anda bisa mendapatkan banyak suka dan mulai menghasilkan uang dengan blog Anda.

Jika Anda masih kesulitan menemukan nama domain untuk blog Anda, lihat saja generator nama blog ini yang akan membantu Anda dengan menyarankan ide dan memeriksa ketersediaan nama domain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading

Processing...
If the data does not come, click reload.