-->

Panduan Mudah SEO untuk Pemula

tutor.cariartikel.net-seo

SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa indonesia Optimasi Mesin Telusur sedikit berubah saat pembaruan Hummingbird Google banyak poin dalam pengoptimalan mesi telusur (SEO) dan pertanyaan baru muncul.
Optimasi mensin telusur sering menjadi acuan seseorang untuk menghitung seberapa tinggi situs web yang dimiliki baik di mata Google ataupun pengguna internet.

Bila dilihat secara terpisah, perubahan yang terjadi mungkin tidak terlalu tampak
dan mungkin dampak nyatanya tidak terlalu dibahas. Memang benar, disini juga tidak membahas itu. Walaupun sekarang banyak sekali artikel yang membahas SEO, tetapi pertanyaan ini masih saja muncul.

Daftar isi
  • Apa itu SEO?
  • Bagaimana Mengoptimalkannya?
  • Mulai dari mana kita belajar SEO?
  • Apakah pengoptimalan situs web/blog harus dilakukan oleh pro?
  • Bisakah kita mengoptimalkannya sendiri?
  • Apa yang harus Anda ketahuin untuk hebat dalam SEO?
  • Apa yang diperlukan untuk memulai pengoptimalan?
  • Haruskah saya menyewa jasa SEO?
  • dll
Semua jawaban pertanyaan diatas dan lainnya ada disini. Jangan pindah ke sana, bacalah panduan ini. Karena panduan ini ditulis dengan segenap hati dan berdasarkan sumber yang terakreditas, terpercaya, juga termantul. Sebelumnya apa Anda sudah siap? Siap pusing ? Hehe, hanya bercanda. Saya harap kalian siap sedia yike.

1. Pertama-tama, Mengenal Apa itu SEO? SEO Adalah

singkatan dari Search Engine Optimization Tidak perlu bahas panjang,  artinya Pengoptimalan Mesin Telusur. Tujuannya jelas, SEO mengartikan pengoptimalan seutuhnya. Tidak peduli seberapa besar situs web Anda atau seberapa kecil blog Anda. Jika SEO website besar Anda jelek pastinya situs Anda tidak benar-benar besar dan juga jelek di mata mesin telusur.

Apa Tujuan SEO?

Tujuan utama seo adalah Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet agar mendapat pengunjung sebanyak-banyaknya. Sebagaimana Anda pahami, dengan riset kata kunci yang benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapai, tujuan utama SEO di atas akan dicapai. Jika tujuan SEO Anda tercapai, dipastikan akan banyak trafik tertarget menuju situs web atau halaman web yang Anda optimisasi untuk mesin pencari. Semakin banyak trafik tertarget, maka potensi tercapainya objektif atau tujuan akhir dari situs Anda akan semakin tinggi.

Apa Manfaat SEO?

  1. Manfaat seo adalah efek dari tujuan seo yang teracapai jadi manfaat seo akan sangat terasa jika tujuan seo Anda terlebih dahulu tercapai, berikut manfaat seo setelah tujuan seo tercapai: Meningkatnya popularitas dan otoritas situs web Anda
  2. Meningkatnya brand, dan kepercayaan konsumen atau komunitas terhadap perusahaan, situs, personal Anda
  3. Meningkatnya harga produk jika situs Anda berkategorikan oline shop atau agen penjualan lainnya.
  4. Peningkatan trafik pengunjung yang signfikan adalah yang paling Anda rasakan dari manfaat seo seiring berjalannya waktu

2. Berikutnya, Optimasi Seo Lakukanlah Optimasi Seo

Secara umum, ada dua jenis optimisasi pada SEO. Jenis Optimasi Seo yang pertama adalah
  • Optimisasi Halaman atau Optimisasi Di-Halaman ( Optimasi SEO On-Page ) dan yang kedua adalah 

  • Optimisasi Di Luar-Situs ( Optimasi SEO Off-page ).
Pengoptimalan Mesin Telusur sangatlah penting , saya tekankan betapa petingnya SEO dalam situs web Anda. Pengoptimalan bisa dilakukan dengan mengikuti aturan yang dibuat Google bot. Bisa juga dengan menyewa jasa SEO yang nantinya akan menggantikan Anda dalam urusan SEO "dengan bayaran", tentunya. Tapi seperti kata mereka "Jika mereka bisa kenapa harus kita?", benar?, jangan! saya tidak benar-benar serius dengan kutipan tadi. Jangan membiarkan mereka melakukannya untukmu, kenapa harus mereka?, kenapa tidak Anda?. Itu yang harus kalian taruh di mindset kalian. Lalu bagaimana? Banyak yang harus dilakukan dalam optimasi seo dan secara lengkap sebenarnya ada 2 jenis optimisasi lainnya yang seringkali dipisahkan dari dua jenis optimisasi utama di SEO. Dua optimisasi lainnya tersebut adalah Optimisasi Domain dan Optimisasi Kata Kunci dan Lainnya . Bersama-sama Optimisasi Off Page, kedua jenis optimisasi ini termasuk dalam kategori optimisasi tingkat lanjut.

Awalan Optimasi SEO On Page

, Optimasi Halaman (SEO On-Page) Kuasai Dasar-dasar SEO Basic (dasar) SEO adalah hal pertama yang harus kalian pahami betul. Dasar SEO tidak terlalu banyak mungkin ini yang paling mudah karena apalagi yang lebih mudah dari menyentuh dasar. Pengoptimalan mesin telusur hanya mempengaruhi hasil penelusuran bukan, hasil berbayar atau "iklan" seperti Google Adwords, risih memang kadang mereka bertenger diatas SERP padahal beberapa kontennya tidak dipedulikan. Dasar optimasi seo on page salah satu langkah pengoptimalan mesin telusur, ikuti cara optimasi seo on page dibawah ini:

Cara Optimasi Seo On Page

Buat judul laman Anda unik dan akurat Seperti inilah judul laman unik dan akurat
  • Masukkan judul laman menggunakan tag judul. 
  • Tag judul memberi tahu pengguna Anda dan pengunjung mengenai topik apa yang dibahas di laman Anda. 
  • Tag diawali <title> dan diahkiri </title>. Idealnya, judul diperlukan disetiap laman pada situs entah itu situs por*o, situs ollshop, situs berita, dll.
  • *Judul dapat memberitahu langsung kepada pembaca Anda nama situs web/bisinis dan mencakup sebagian kecil informasi penting seperti lokasi bisnis atau mungkin menjadi pengingat pagi pembaca ketika mendapat sesuatu yang dianggapnya unik dan menarik untuk kembali ke situs Anda.
Tips dalam membuat judul laman Anda Deskripsikan konten dengan akurat 
Pilihlah judul yang efektif dan akan langsung menyampaikan topik apa konten laman tersebut.  Buatlah tag judul untuk setiap laman
  • Headings (h1, h2, h3, dan seterusnya) Setiap laman yang diberikan tag judul akan membantu Google untuk mengetahui perbedaan laman tersebut dengan laman lainnya pada situs Anda.
  • Judul singkat namun deskriptif
  • Pendek dan informatif itu maksudnya. Jika terlalu panjang, itu hanya sia-sia karena Google hanya menampilkan sebagian di hasil penelusuran ada batasan karakter dalam penulisan judul
Buat isi halaman (body copy), berupa kata kunci dan kata yang terkait seperti sinonom-sinonimnya dan variasi kata. Gunakan meta tag "deskripsi"
  • Memasang meta tag deskripsi pada laman memberikan Google dan mesin telusur lainnya ringkasan mengenai suatu laman. 
  • Meta tag diawali <meta name="descripion" content="diahkiri dengan kalimat deskripsi">.
  • Meta tag deskripsi bisa ditulis apa saja bisa berupa kalimat maupun dua paragraf atau paragraf pendek, berbeda dengan judul laman yang hanya bisa ditulis beberapa kata atau frasa saja.
  • Meta tag deskripsi penting karena Google mungkin menggunakannya sebagai ringkasan mengenaik apa laman Anda.
Tips membuat meta tag deskripsi Buatlah rangkuman konten 
setelah merangkumnya buatlah kalimat deskriptif yang akan menginformasikan dan menarik perhatian pengguna jika mereka melihat meta tag deskripsi Anda sebagai cuplikan dalam hasil penelusuran. 

Gunakan deskripsi yang unik dan mengundang Memiliki meta tag deskripsi berbeda disetiap postingan dapat membantu pengguna dan mesin telusur khususnya jika dalam penelusuran deskripsi terlihat unik dan menarik. 

Buatlah URL Anda terstruktur Url sederhana dapat memberikan pemahaman pengguna tentang apa konten tersebut. Url bisa menyesatkan pengguna maupun mesin telusur. Para pengguna akan mengalami kesulitan untuk mengutip URL dari ingatan mereka jika URL terlalu panjang atau URL konten tidak relevan. Google ahli dalam mengenal jenis struktur URL, bahkan jika URL tersebut cukup rumit, tetapi ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk membuat URL Anda sesederhana mungkin, baik buat pengguna maupun mesin telusur. Jika URL berisi kata yang relevan, maka URL akan memberi informasi lengkap tentang postingan pada pengguna dan mesin telusur. Terahkir, ingatlah bahwa URL ditampilkan sebagai bagian hasil penelusuran dalam Google. 

Tips Membuat URL yang bersahabat Gunakan kata relevan dalam URL  Koreksilah dan siapkan URL dengan kata yang relevan dengan konten dan struktur situs akan lebih bersahabat bagi para pengguna dan juga mesin telusur. URL dengan kata yang tepat dapat membuat peringkat URL anda naik sampai keatas. Pengunjung akan lebih mengingat URL yang relevan ketimbang URL gado.  
Buat struktur navigasi sederhana
  • Gunakan struktur yang mengatur konten Anda dengan baik dan mempermudah pengguna/pengunjung mengetahui tempat, kemana mereka tuju. 
  • Usahakan membuat struktur navigasi yang sesuai dengan URL yang dituju guna mengindikasi konten dalam URL.
  • Buat link kanonikal "rel="canonical""
  • Ini berguna untuk mencegah pengunjung tersesat jika pergi ke versi URL yang berbeda. 
  • Biasanya hanya ada satu link kanonikal.
  • Tautan eksternal ke situs otoritas seperti perusahaan-perusahaan dan organisasi-organisasi yang penting Sekali lagi, tujuan 
  • Optimisasi Di-Halaman ini adalah agar halaman web Anda relevan (atau sangat-sangat relevan) terhadap kata kunci yang dicari oleh pengguna internet sehingga waktu pengguna berada di halaman web Anda semakin lama (dan hal ini semakin baik!).
Juga kembalinya lagi pengunjung lama ke halaman web Anda tersebut menandakan web Anda relevan, unik, dan memiliki informasi yang bernilai, mendalam, yang dibutuhkan pengunjung situs web Anda sesuai kata kunci yang sudah Anda sebar di elemen-elemen halaman web Anda tersebut. Karena SEO On-Page ini terkait dengan bahasa HTML, script blogger atau php untuk WordPress, maka diperlukan pemahaman mengenai bahasa HTML, blogger tag, atau php agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan Optimisasi Halaman.

Lanjutan, Optimasi SEO On Page Optimisasi Luar Halaman (Optimasi SEO Off Page)

atau Optimisasi Luar Situs (Optimasi SEO Off-Site) adalah proses di mana Anda melakukan peningkatan nilai (popularitas) pada faktor-faktor di luar situs Anda yang mempengaruhi peringkat halaman web Anda sesuai kata kunci yang Anda ayomi. Cara optimasi seo off page yang paling mudah dan banyak digunakan oleh blogger pemula adalah menanam backlink, gunakan cara optimasi seo off page dengan backlink dibawah ini:

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink? Cara Cepat

Backlink dari situs web social bookmarking (Lintas.me, Google bookmark, Digg, dan lainnya) Backlink dari media social (Facebook, Tweeter, Google+, Youtube, dan lainnya) 
Backlink dari forum-forum online (Kaskus, Merdeka, Detik, Bersosial, Kompas, dan lainnya) Backlink dari komentar di blog (blog walking atau blog commenting) 
Backlink dari directory web 
Backlink dari artikel-artikel yang Anda publish di situs-situs artikel 
Backlink dari atribut-atribut profile di situs Web 2.0 (Blogspot, WordPress, Blog Detik, Weebly, dan lainnya) Dan lain-lain.

Proses optimisasi luar-situs atau SEO off-site ini harus dilakukan secara bertahap, berkala dan berkelanjutan, misal setiap hari atau setiap minggu. Usahakan mendapatkan sekitar 10 tautan saja dalam sehari penuh. Jika satu kali dua puluh empat jam Anda mendapatkan 10.000 backlink, saya bisa jamin situs/blog Anda akan diblock karena hal itu dianggap tidak alami dan dilihat sebagai usaha menipu mesin pencari untuk mendapatkan ranking. Mesin pencari sudah mengenal trik kuno ini sejak lama, apalagi setelah pembaruan humming. Jadi jangan seperti itu ya. Adapun jalan-jalan yang dilalui agar membangun backlink berkualitas adalah sebagai berikut:
  • Melalui Artikel Direktori 
  • Melalui Blogwalking 
  • Menjadi Guest Blogger 
  • Melalui Forum Signature 
  • Melalui Situs Social Bookmarking
  • Melalui Social Media  
  • Melalui Press Release  
  • Melalui Web 2.0 
Mengapa menggunakan jalan diatas dalam pengerjaan backlink yang berkualitas? Karena untuk membangun backlink berkualitas idealnya menerapkan proses-proses yang paling tepat untuk menghasilkan sesuatu yang baru, apapun itu, dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks. Sebagai contoh, 

Backlink Melalui Forum Signature  
Saat ini banyak sekali forum-forum yang bisa kita temukan di internet, mulai dari forum para gamers, publisher, sampai forum para pengusaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, berbagai topik dibahas di forum ini. 
Caranya Anda dapat mencari referensi-referensi yang menurut Anda bagus untuk dibagikan diforum dan perkenalkan produk, situs/blog Anda secara perlahan. Buatlah personfikasi terlebih dahulu. Usahakan membagikan referensi yang bermanfaat dan mengundang para forumers melihatnya. Barulah buat backlink Anda, namun harus tetap relevan dengan pembahasan forum.

Selanjutnya, Gunakan Tools Seo

Menggunakan tools dalam menjalankan proses optimisasi dapat membantu Anda untuk peninjauan, riset, pengumpulan data serta melakukan tugas-tugas pengoptimisasian seo lainnya, beberapa tools dibawah ini yang dapat digunakan gratis.

Tools Seo

GOOGLE WEBMASTER TOOLS 
Dengan Google Webmaster Tools. Anda perlu mempelajari bagaimana cara menghubungkan website anda dengan Google Webmaster Tools. Bagi anda pengguna blogspot (atau blogspot yang beralih ke TLD, anda sudah tidak perlu mendaftarkan blog anda, karena sudah otomatis terhubung saat anda login ke akun blog anda. Anda bisa mengunjungi halaman Google webmaster tools di https://www.google.com/webmasters/tools/ Jika anda mengetahui cara menggunakan Google Webmaster Tools ini, maka anda akan bisa memantau banyak hal dari perkembangan website anda. Mulai dari variasi kata sampai error crawling. Untuk panduan lengkapnya anda bisa Googling CARA MENGGUNAKAN GOOGLE WEBMASTER TOOLS .

PAGESPEED INSIGHT  
Tools yang memeriksa dan memberi saran dalam pegoptimalan kecepatan laman ini disediakan oleh Google Jadi silahkan kunjungi halaman pagespeed insight di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ Cukup ketikkan URL dan tekan enter.

MOBILE FRIENDLY TEST 
Untuk menggunakan tool SEO dan mengecek apakah website anda sudah mobile friendly anda bisa mengaksesnya di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ Tinggal taruh URL anda pada tools dan tunggu sejenak hasilnya. 

SEOQUAKE ini memberikan sangat banyak parameter yang bisa anda pilih untuk melihat pertumbuhan dari website anda juga website lain.  

UBERSUGGEST Meriset keyword dengan ubersuggest di https://ubersuggest.io/ cara mengunakannya ada kalian bisa bac di cara mudah riset keyword 

ADWORDS KEYWORD PLANNER 
Ini adalah tool SEO yang bisa anda pergunakan untuk menilai potensi trafik yang bisa anda dapatkan. Ini adalah salah satu tool yang penting jika anda mau mengukur seberapa besar potensi pasar anda dari sebuah kata kunci Untuk lebih memahami tentang keyword planner anda bisa membaca artikel CARA MELAKUKAN RISET KATA KUNCI. 

GOOGLE TREND Jika anda menggunakan keyword planner, maka untuk mengetahui kata yang trends dari waktu ke waktu anda harus menggunakan Google Trend. Google Trend akan langsung menyajikan topik apa saja yang sedang naik saat itu 

AHREF 
Pemantauan untuk backlink anda. Dengan tool ini anda bisa mengetahui perkembangan dari backlink anda dan juga keyword. Mungkin sudah waktunya saya akhiri panduan ini, ada beberapa pr yang bisa kalian kerjakan untuk meningkatkan Seo situs kalian masing-masing silahkan dikerjakan.

Terakhir, Kerjakan Tugas Optimasi Seo

Tugas: Mulailah optimisasikan situs anda tanpa bantuan orang lain, kecuali google.

Simpulan

Artikel ini dibuat melalui proses yang membutuhkan waktu dalam pengerjaannya. Begitu pula dengan Belajar Seo. Melakukan Optimisasi Seo membutuhkan proses yang cukup memakan waktu. Itu tidak bisa dilakukan secara instan. Diharapkan kalian dapat memulai proses itu sesegera mungkin dan menindaklanjutin secara keseluruhan seo situs anda.

Sejatinya sukses mustahil ada jika tidak melalui sebuah proses, maka dari itu marilah membuat komitmen untuk memulai proses optimisasi seo dan melihat hasilnya. Saudaraid keluar, Trims.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading

Processing...
If the data does not come, click reload.