-->

Persiapan2 Membuat Blog

persiapanmembuatblog

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Blog - Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan disiapkan tentunya sebelum dan sesudah Anda memulai membuat blog Anda sendiri. Ada kiat, banyak saran, tidak sedikit pendapat tentang apa-apa saja yang harus dipersiapkan newblogger dalam starter blogging.

Dari mulai niat sampai ke target blogger dalam mencapai kesuksesan.

Saya pernah menjadi sales untuk produk yang sangat menjanjikan dan sudah sangat terkenal khasiatnya jadi produk tersebut seharusnya mudah sekali dijual karena banyak orang sudah mengenalnya, namun karena saya kurang persiapan dan hanya memikirkan pendapatan setelah menjual produk tersebut alhasil saya tidak bisa menjual sepiecies pun tidaak.

Begitupun dalam hal membuat blog, tanpa rencana yang matang blog hanya akan kandas ditengah jalan tanpa kejelasan. Dengan rencana yang matang, kita akan jadi lebih mudah mengelolanya. oke kita langsung saja, saya akan memberikan beberapa panduan tentang apa yang harus dipersiapkan sebelum membuat sebuah blog, berikut daftar persiapannya:

Daftar isi

1. Minat Yang Kuat

Banyak orang yang memulai di dunia blogging tanpa didasari niat yang kuat. Maka dari itu sobat harus punya niat yang kuat terlebih dahulu untuk memulai sesuatu didunia blogging. Karna dengan niat yang kuat agan akan lebih percaya diri dan tidak mudah putus asa dan berusaha lebih giat nantinya. Selanjutnya agan harus menentukan tujuan sobat membuat sebuah blog. Apakah agan ingin mengasah kemampuan kemampuan menulis, berdakwah, menyalurkan hobi, berbagi pengalaman, ilmu dan lain-lain. Yang pasti niat dan tujuan agan adalah hal yang positif, yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

2. Memperluas Wawasan

Ini adalah kegiatan yang menurut saya tidak hanya harus dilakukan saat ngeblog saja tapi disaat tidak ngeblogpun memperluas wawasan sangat saya anjurkan dan selalu kalian terapkan. Saya pun selalu menambah wawasan, baik itu ada kaitannya dengan blogging ataupun tidak sama sekali. Karena sejatinya manusia akan disebut manusia jika dan hanya jika dia selalu belajar yang akan selalu menambah wawasannya. Peluas wawasan Anda!

3. Menentukan Niche Blog

Menentukan Niche sangatlah penting, ini pembahasan full yang ada di blog Anda yang akan jadi pondasi tentang apa yang akan Anda catatkan ke dalam blog. Inilah beberapa niche yang bagus:
  • Kesehatan 
  • Politik 
  • Komputer
  • Kuliner 
  • Otomotic
  • Bisnis online
  • Technology
  • Pendidikan
  • dll. 
Ingat, blog yang sehat dan bagus secara SEO adalah ia yang membahas hanya satu topik saja. Jika itu Bisnis Online maka seluruh isi blog Anda membahas seputar Bisnis Online, Peluang Bisni, dan yang lain yang masih berkaitan dengan kata Bisnis dan Online. Dalam menentukan niche ada baiknya Anda mendiskusikannya dengan teman, konsultan dan isi hati sendiri. Maksudnya diskusi dengan isi hati seperti apa tuh? hehe, maksudnya tanyakan apa yang Anda suka didunia ini pada diri sendiri. Jika kamu menguasainya atau menguasai salah satu bidang diatas maka jadikan itu niche Anda dan bagikan ilmu Anda sebisa dan semudah mungkin. Jangan sampai Anda memilih niche yang justru membuat blogging itu susah.

4. Platform Pilihan

Wordpress atau Blogspot Platform memiliki peran yang tak kalah penting memilih platform yang tepat dipercaya akan menghasilkan blog yang berkualitas nantinya. Berikut platform pilihan yang paling tepat kalian gunakan:
  • blogspot
  • wordpress
  • tumblr
  • dll
Tapi saya sarankan menggunakan blogspot secara gratis, karena ada banyak fitur di dalamnya yang dapat membantu kinerjanya blog. Menggunakan blogspot juga akan memudahkan Anda dalam mengakses produk lain dari google gratis seperti google analytics, google web master tool, dan tentunya google adsense untuk menghasilkan uang melalui blog. Untuk wordpress saya sarankan untuk tidak menggunakan wordpress gratis, karena fitur-fiturnya sedikit dan terbatas, gunakan wordpress berbayar, karena fitur-fiturnya sangat lengkap bahkan lebih lengkap daripada blogspot. Namun yang penting adalah kenyamanan masing-masing dalam menulis artikel dan kemudahan dalam menggunakannya.

5. Alamat Url Permanen

Kenapa saya menambahkan kata permanen? benar, alamat url yang akan Anda gunakan seumur hidup. Pikirkanlah empat puluh menit sampai matang dalam menentukan url/alamat blog. Hanya dengan menentukan alamat url blog sebenarnya dapat membuat peringkat situs Anda terus naik. Inilah yang pasti. Url blog juga membuat pengunjung Anda mengingat akankah kembali kepada pelukan Anda. misalnya: moviebarat*blogspot*com alamat url ini akan cocok pada situs/blog yang membahas seputar perfilman khususnya film barat, tutorial-web*blogspot*com alamat url seperti ini akan melecit jika membahas seputar tutorial-tutorial. Atau anda ingin membuat blog yang seluruhnya berisikan seputar hal yang berkaitan dengan kehidupan pribadi Anda, maka buat alamat url dengan nama Anda contoh: budisoeparjoe*com/budisoeparjor*blogspot*com

6. Penampilan

Penampilan
Template SEO Friendly Saya selalu menebak-nebak karakter seseorang hanya dari penampilannya saja, sering benar kadang juga salah. Penampilan selalu jadi aspek penting dalam membangun sebuah person. Rapih dan terlihat baguslah itu yang terpenting. Selain itu kita buat contoh dekat dalam keseharian kita saja misal, ada 2 sales: Sales pertama dia seorang sarjana namun ini adalah pekerjaan lapangan pertamanya lalu dia berpikir (saya pasti bisa menjual ini semua)*tanpa memikirkan penampilannya. Lantas dia mulai menawarkan produk caranya datang ketiap rumah dengan rambut gondrong ala mahasiswa trisakti, celana jeans, dan baju kaos. Tebak apa yang terjadi? pemilik rumah mendengarkan awalnya dia tertarik karena pendidikannya namun setelah lama dilihat-lihat kemudian sipemilik rumah timbul rasa tidak percaya karena penampilannya yang tidak menyakinkan. Sales kedua dengan kondisi sama namun dia sudah berpengalaman dilapangan dan dia tahu betapa pentingnya penampilan dalam membentuk kesan pertama, singkatnya kedua pandai berbicara namun kemungkinan terbesar siapa yang produknya terjual? Bisnis adalah soal peluang Template seperti penampilan Anda buatlah serapih dan sebagus yang anda bisa agar pembaca mendapatkan kesan pertama yang baik dari blog/situs Anda. Timbulkan rasa nyaman kepada pengguna agar mengingat blog/situs Anda untuk kembali berkunjung walaupun hanya sekadar melihat tampilan blog yang Anda gunakan. Anda bisa mendiskusikan template mana yang paling cocok untuk bisinis keperluan Anda dengan konsultan Anda atau bisa secara gratis mendiskusikannya bersama SAUDARA ID.

7. Artikel Unik Anda

Siapkanlah beberapa artikel sebelum anda membuat blog, untuk penayangan perdananya Anda harus menyiapkan minimal 3 artikel unik. Artikel unik ini bertujuan agar mudah dirayapi Google dan memulai personifikasikan blog Anda dengan Gg alias Google. Cukuplah 3 artikel perdana, idealnya 3 artikel tersebut mempunyai keterkaitan baik isi topik, link dan kontennya. Membuatnya berkaitan bukanlah hal sulit tapi bukannya juga mudah. Perlu Anda catat, ciptakan artikel berbobot yang dapat menarik perhatian pembaca. Konten yang berkualitas dan bermanfaat buat orang banyak, koreksi okelah belum saatnya untuk target banyak orang tapi usahakan dulu jangan copy paste. Berkaitan ini artinya:
  1. Membahas topik yang mempunyai pokok permasalahan yang relevan.
  2. Pembaca mencari tujuan informasi dari ketiga link tersebut
  3. Penulis memberikan arahan dari link pertama agar melanjutkan membaca ke link kedua, dst.

Nah, itu dia persiapan-persiapan yang harus kalian lakukan dan kerjakan sebelum mulai membuat blog Anda sendiri. Jika kalian masih ingin bertanya-tanya sebenernya apa-apa saja yang harus dipersiapkan langsung saja tanyakan kepada kami melalui kontak yang ada. Trims

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading

Processing...
If the data does not come, click reload.